Thursday, February 6, 2020

MEMPERBAIKI CHIP VGA


MEMPERBAIKI CHIP VGA

Apa sih Chip VGA itu....?

VGA adalah singkatan dari Video Graphics Array, untuk tugas dari chipset VGA ini lumayan cukup berat. Semua proses pengaturan, pengolahan dan rendering gambar diam maupun bergerak (movie/film) adalah hasil kerja dari sebuah chipset VGA, sehingga menghasilkan bentuk tampilan 2D maupun 3D pada panel layar laptop | netbook, Karena fungsi kerja yang lumayan berat ini seringkali menjadikan chip vga mengalami panas cukup berlebih. Panas yang berlebih inilah yang menjadi sumber kerusakan pada sebuah chipset VGA. Ternyata setelah di dilakukan penelitian/pengamatan lebih detil, kerusakan VGA dapat dibagi menjadi 2 macam yaitu:
  1. Kerusakan yang memang terjadi pada chip VGA itu sendiri
  2. Kerusakan terjadi pada BGA (ball grid array) dari chipset VGA itu
Dan persantase kerusakan pada chip VGA 90%  ternyata kerusakan pada BGA, sedangkan kerusakan yang memang terjadi pada chip VGA itu sendiri presantasinya sangat kecil / bahkan  jarang terjadi.


Dalam perbaikan Chip VGA kita memerlukan tahapan sesuai dengan jenis kerusakannya, adapun peralatan yang digunakan untuk memanaskan dan melepas Chip VGA yaitu BGA Rework. 

>> kerusakan pada Chip VGA
 langkah-langkah dalam perbaikan Chip VGA yang rusak yang karena memang Chip VGA itu sendiri dengan cara mengantinya dengan Chip yang baru dan sama dengan seperti bawaan asalnya.

>> kerusakan yang terjadi karena BGA
langkah dalam perbaikan Chip VGA yang diakibatkan oleh BGA, pertama kita mencoba dengan cara memanaskan terlebih dahulu Chip VGA dengan alat yang namanya BGA Rework, fungsinya untuk mencairkan kembali BGA agar dapat menempel kembali dengan jalur pada mainboard.



CARA PEMANASAN DAN PELEPASAN CHIP VGA

untuk tahap pemanasan Chip VGA kita membutuhkan suhu pada BGA Rework sekitar  205 upper dan 260 lower, dan waktu yang dibutuhkan sekitar 2-3 menit.

PEMANASAN / PELEPASAN CHIP VGA

setelah proses pemanasan selesai dilakukan, maka coba tes kembali apakan tampilan pada layar sudah berfungsi dengan normal apabila tampilan blm normal maka panaskan kembali, jika tetap blm normal makan coba dengan cara mengganti / mencetak ulang kaki chip VGA. Proses pelepasan sama dengan proses pemanasan hanya saja saat ini kita melakukan pelepasan makan suhu disesuaikkan sampai Chip VGA dapat di lepas ( catatan : dalam pelesasan ini supaya berhati-hati agar tidak menimbulkan kerusakan lain), setelah chip terlepas maka bersihkan terlebih dahulu sisa timah yang menempel pada chip VGA menggunakan solder dan beri cairan flux agar tidak sulit.




setelah chip dibersihkan pasangkan pencetak yang sesuai, taburkan serbuk bola-bola timah atau bisa menggunakan tima pasta, setelah semua proses dilakukan dengan baik, panaskan menggunakan blower agar bola / timah yang kita tabur meleleh dan melekat dengan chip, seteh itu lihat hasilnya ( jangan sampai ada yang ompong ) dan bisa dipasang kembali ke mainboard laptop kalian.


PROSES PENCETAKAN KAKI CHIP VGA
 
HASIL PENCETAKAN CHIP VGA

Demikian artikel saya semoga bermanfaat.  TERIMA KASIH......